CHIBIX

by - 22.50.00

CHIBIX
Mungkin setiap orang punya nama kecilnya masing-masing, aku pun begitu. Ada beberapa nama panggilan yang aku dapat dari orang-orang terdekatku. Entah itu dari lingkungan dekat rumah atau pertemanan sekolah. Selain memanggil dengan nama asli yaitu Sukma, aku sering dipanggil dengan nama kecilku. Yaitu dengan nama panggilan Chibix. Mungkin ada beberapa orang dekat rumah juga yang memanggilku dengan nama Sinchan tapi bukan suatu nama panggilan yang sering aku dengar. Ngomong-ngomong aku sepertinya belum pernah nemuin orang yang manggil aku dengan sebutan nama belakangku, yaitu Kurniawan. Kalau pun itu pernah aku paling lupa. Mungkin cukup spesial kalo memanggilku dengan nama Kurniawan.

Gak enak sepertinya kalo gak ngomongin nama asliku dulu. Menurut hasil telisik jaman dulu nama Sukma itu artinya ruh dan Kurniawan adalah karunia dari Tuhan. Kebetulan juga lahirnya adalah siang hari pas setelah adzan dhuhur. Siang hari dalam bahasa jawa adalah "awan". Jadinya bisa digabung menjadi Kurni-awan.

Kenapa sinchan?
Jangan pernah berpikir kalau aku dipanggil dengan nama Sinchan karena aku mesum. Jangan ! -_-
Nama ini aku dapat dari orang-orang deket rumah karena pipiku yang sangat tembem itu mirip banget sama sinchan. Tapi kalo sekarang manggil dengan nama ini aku bakalan gak "ngeeh".


Chibix

Kebanyakan temenku manggil aku selain dengan nama Sukma adalah dengan nama Chibix. Ini masih berlanjut sampai aku kuliah. Nama ini dimulai sejak aku duduk dibangku 6 SD. Kebetulan waktu itu tinggi badanku tidak normal seperti dengan yang lain. Walaupun ada beberapa temen juga yang gak tinggi tapi hanya aku yang dapat predikat chibix ini. Awalnya dipanggil dengan nama "bol" atau "cebol". Kenapa dipanggil dengan nama cebol karena dulu ada lagu daerah yang liriknya adalah Cebol nggayuh lintang. Banyak temen deketku juga ikut paduan suara yang salah satu lagunya adalah itu. Kemudian diganti menjadi nama chibi(') setelah ada temen yang bertanya dengan salah satu temen yang blasteran jepang. Nah itu lah awalnya. Dimana chibi(') berasal dari bahasa Jepang yang berarti cebol, pendek atau mini.

Kenapa Chibi(x) ?

Menurut penulisan yang aku lihat di kamus bahasa Jepang sih chibi atau chibi('). Kebetulan salah satu orang dikeluarga menggeluti bahasa asing. Dimana salah satunya adalah bahasa Jepang. Pada awal penulisannya sih banyak versinya entah itu chibik, cibig (big=besar, karena dulu lumayan gendut juga), chibig dan banyak lagi. Tapi berubah menjadi chibix karena ya dulu "X" identik dengan sesuatu yang keren dan jarang. Seperti X-man dan lainnya. Akhirnya penulisan chibi ditambah x menjadi chibix sampai ini kebawa ke dunia kampus. Ini nih contohnya.
Nama "Chibix" di nomor punggung 27
Waktu kuliah ikut tim futsal dan salah satu baju miliku nama belakangnya adalah CHIBIX. Sebenarnya ini sudah aku ganti menjadi Sukma sebelum pemesanan. Tapi ternyata yang dikumpul ke pihak penyablon adalah kertas yang lama. Kertas yang masih bernama CHIBIX. Jadi itulah nama Chibix sampai menembus dunia kuliah. Walaupun tidak se eksis dulu. Karena di dunia kampus aku lebih dikenal dengan nama Sukma.

Sedikit flashback nih..

"Ketenaran" nama chibix ini berlajut sampe SMP setelah aku dan temen-temen SD ku banyak yang ketrima di bangku SMP yang sama. Nama ini pun tambah menyebar luas. Bahkan tak jarang kalau ditanya mana yang namanya Sukma bakalan lupa beda dengan nama chibix.

Waktu SMA nama Chibix perlahan-perlahan memudar cukup beberapa orang yang tau. Karena aku berada di sekolah yang berbeda dengan temen-temen. Begitu pun masuk ke dunia kampus.

Tulisan ini bukan untuk memberi tahu untuk memanggilku dengan nama Chibix. Atau menunjukan ke"eksisan" nama Chibix. Bukan. Aku sangat berterima kasih kepada mereka yang memanggilku dengan nama yang baik. Nama yang diberikan oleh kedua orang tuaku. Juga firman-Nya dalam Al-Quran :
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain, (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olok) itu lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok). Dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olok) perempuan yang lain. Karena boleh jadi perempuan (yang diperolok-olok) itu lebih baik dari perempuan (yang mengolok-olok) itu. Janganlah kamu saling mencela satu sama lain. Dan janganlah kamu saling memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk (fasik) setelah beriman. Dan barang siapa yang tak bertobat maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (Al-Hujurat: 11)
Walaupun aku tidak merasa tersinggung kalian memanggilku dengan nama Chibix. Tapi alangkah baiknya kalian memanggilku dengan nama Sukma Kurniawan. Atau cukup dengan nama Sukma. Nah itulah arti dibalik sebuah nama Chibix.

Salam

:)

You May Also Like

0 komentar