Pendakian Gunung Mebabu via Wekas

by - 06.41.00

Sunrise di Puncak Syarif Merbabu
(Canon 60D ; 1/50s ; ISO 100 ; f 7.1)
Mendaki gunung merupakan suatu kegiatan yang saya mulai sekitar tahun 2013. Cukup baru memang. Kebetulan pada waktu itu sedang booming-nya film 5cm yang mengakibatkan munculnya euforia dalam mendaki gunung. Akan tetapi berpetualang bukanlah sesuatu hal yang baru bagi saya. Kebetulan sudah sejak saya kecil saya sudah terbiasa mendaki dan menyusuri alam. Karena tempat tinggal saya yang mendukung kegiatan dan hobi tersebut. Saya lahir dan besar di Borobudur, Magelang.

Sebelum melakukan kegiatan mendaki gunung saya cukup aktif dalam mengikuti kegiatan kepramukaan sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Dari mengikuti keanggotaan, pengurus sampai pernah sekali mengikuti lomba kepramukaan. Walaupun saya tidak begitu ahli dalam hal ini tapi kegiatan semacam ini merupakan suatu hal yang saya sukai.

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang tidak lepas dari pengaruh teman-teman saya. Berbekal ajakan dari teman saya (akhirnya diajak) dan beberapa peralatan kepramukaan yang saya miliki akhirnya saya putuskan untuk mengikuti pendakian. Dimana pendakian pertama saya adalah gunung Merbabu dengan jalur yang diambil adalah melalui Wekas.

Magelang merupakan satu-satunya wilayah di Indonesia yang dikelilingi oleh 5 gunung yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing, Telomoyo, dan Menoreh. Oleh karena itu kegiatan ini bisa saya lakukan dengan biaya yang cukup minim karena faktor jarak tempuh yang dekat antara rumah dan basecamp. Saya sangat beruntung mendapatkan teman-teman pendakian yang sudah paham betul dengan track pendakian dan sudah terjun dalam dunia muncak cukup lama. Apalagi dengan peralatan yang mereka miliki sangat membantu dalam proses pendakian bagi saya yang pemula ini. Selain itu mereka juga teman-teman yang mengerti tentang begitu pentingnya kebersihan lingkungan.

Pendakian ini kami lakukan beberapa hari setelah hari lebaran. Tidak begitu ramai pada waktu itu. Sekitar jam 1 kami berangkat dari basecamp menuju pos 1 Merbabu via Wekas. 

Ini dia beberapa tersangkanya - sekitar basecamp Wekas




Setelah basecamp terdapat jalur track melewati rumah penduduk
Sampai pos 2 sekitar jam empat sore kami putuskan untuk bermalam di pos 2. Kemudian melanjutkan perjalanan dari pos 2 sampai puncak jam satu pagi.

Saya - Ferisa - Rohmad
Perjalanan Menuju Puncak
Puncak Syarif
Gunung Merbabu sangat bersahabat kala itu. Pendakian gunung pertama saya syukur bisa sampai puncak, cuacana bersahabat, samudera di atas awan, sunrise yang cantik dan keselamatan semua anggota. Setelah sampai di puncak Syarif beberapa dari temen pendaki juga melanjutkan ke dua puncak lainnya. Ada dua jalur tercepat dari puncak Syarif yang satunya aman yang satunya perlu ketelitian yang namanya "jembatan setan".

Beberapa foto lainnya :

Merbabu
Jembatan Setan
Pemburu Fajar

Kenalan Baru

...

Selalu ada persahabatan disetiap pendakian


Menikmati alam sebelum pulang
Perjalanan sampai puncak sekitar pukul empat pagi dimana mulai pendakian (dari pos 2) pukul satu pagi. Banyak kenangan dan pelajaran yang bisa saya dapat pendakian pertama saya ini. Terima kasih buat teman-teman yang telah saling membantu.

Salam

FYI :
1. Pos 2 via Wekas masih terdapat air bersih




You May Also Like

0 komentar