Merbabu via Selo yang Bersahabat

by - 18.30.00

Mei 2016 - Ini hanya sebuah cerita lanjutan dari sebuah ajakan dadakan teman. Dimana beberapa hari sebelumnya nge-chat mau pinjam beberapa peralatan mendaki. Tapi waktu mengambil barang pada malam hari sebelum hari keberangkatan malah mengajak saya yang masih santai membaca beberapa buku. Dengan seditkit aah.. ihh.. uuh.. eh.. ooh.. akhirnya saya iyakan untuk ikut bergabung. Beruntung saya masih memiliki beberapa peralatan cadangan dan sisanya mereka (temen-temen lainnya) bersedia mengurusnya. 

Pendakian ini tidak jauh dari pendakian sebelumnya yaitu pendakian di gunung Prau. Karena mungkin temen saya sedikit kecewa karena ditinggal ke gunung Prau oleh temen-temen lainnya padahal dia sendiri yang mengajak. Karena alasan terntentu temen saya tidak bisa ikut dan membuat rencana pendakian selanjutnya yaitu ke Merbabu.

Beda Jalur Beda Rasa; pendakian kali ini kami memutuskan memilih jalur pendakian via Selo. Karena sebelumnya saya pernah mendaki gunung Merbabu menggunakan jalur lain, yaitu via Wekas. Maka saya bisa sedikit membandingkan ke dua jalur pendakian tersebut.
  • Via Wekas : Awal pendakian anda akan disuguhkan jalur langsung tanjakan, minim "bonus", melewati beberapa rumah penduduk terlebih dahulu, tidak menemui sabana luas, terdapat sumber air di POS 2
  • Via Selo :  Awal pendakian jalur masih landai, banyak "bonus" track, anda akan disuguhi sabana yang sangat luas, tidak terdapat sumber air, sepertiga jalur pendakian anda akan disuguhi tanjakan curam
Menurut saya pribadi bagi anda yang ingin melihat pemandangan yang indah, sabana yang luas maka jalur pendakian via Selo bisa menjadi solusi. Ditambah lagi dari beberapa perbincangan dengan orang-orang bahwa jalur pendakian via Selo lebih bersahabat bagi mereka yang masih pemula.

Waktu itu kami mendirikan tenda di Sabana satu Merbabu dan tidak mengejar Sunrise di puncak. Sekitar pukul delapan kami baru memutuskan untuk naik ke puncak setelah mengisi tenaga. Hanya beberapa barang saja yang kami bawa sampai puncak. Selebihnya kami tinggal di tenda.

Hamparan Rumput Hijau
Taken by : Amin
Sunrise di Sabana Satu Merbabu
taken by : Amin
Taken by : Amin
Taken by : Amin
Jump Around
Taken by : Amin
Trio Pendaki Cantik
Jalur Menuju Puncak
Setapak
Jump and Fly !
Taken by : Amin
Sabana 2 Merbabu
Puncak !

Jangan Ditiru

Taken by : Amin
Di Gunung Pemandangannya Indah yaa....
PS: Jangan Lupa bawa sampahnya turun dan jaga lingkungan. Salam....

You May Also Like

0 komentar